LEON288

4 Bulan Bekerja untuk Timnas Indonesia, Indra Sjafri Puji Frank Wormuth: Dia Sempurnakan Filanesia!

zonaliga.com Indra Sjafri mengungkap peran penting Frank Wormuth untuk kemajuan sepak bola Indonesia. Ditunjuk sebagai konsultan pelatih di Timnas Indonesia U-17, Frank Wormuth juga disebut ikut menyempurnakan filanesia.

Frank Wormuth ditunjuk sebagai konsultan pelatih Timnas Indonesia U-17 pada akhir Juli lalu. Pria asal Jerman itu mulai pada awal Agustus 2023. Selanjutnya, dia terus mendampingi Timnas Indonesia U-17 hingga kini alias selama empat bulan.

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, berulang kali mengucapkan terima kasih pada Frank Wormuth. Kehadirannya dinilai sangat penting dalam menyiapkan tim menuju Piala Dunia U-17.

Lebih jauh, Indra Sjafri selaku Direktut Teknik PSSI menyebut Frank Wormuth punya andil dalam mengembangkan filanesia. Yuk simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

Frank Wormuth Sempurnakan Filanesia

Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia) merupakan panduan atau kurikulum pembinaan sepak bola Indonesia. Filanesia muncul ketika Danurwindo duduk sebagai Direktur Teknik PSSI dan terus berkembang hingga kini.

“Filanesia harus berkembang menyesuaikan dinamika sepak bola. Apa yang sudah kami lakukan dengan coach Frank Wormuth adalah untuk menyempurnakan atau upgrade dari filanesia,” ucap Indra Sjafri.

Menurut Indra Sjafri, penyempurnaan filanesia bisa dilihat saat Timnas Indonesia U-17 berjumpa Ekuador pada matchday pertama Grup A Piala Dunia U-17 2023. Indra menyebut ada percampuran gaya bermain.

“Yang kita lihat kemarin adalah campuran cara main yang mereka perankan selama ini ditambah penyempurnaan-penyempurnaan atau info baru yang diberikan coach Frank Wormuth,” sambung mantan pelatih Bali United itu.

Bersyukur Dibantu Frank Wormuth

Sebelum bekerja untuk Timnas Indonesia, Frank Wormuth punya reputasi yang cukup mentereng. Dia sangat lama bekerja sebagai kepala instruktur pelatih di Federasi Sepak Bola Jerman (DFB). Dia juga pernah melatih Timnas Jerman U-20.

Frank Wormuth memimpin Jerman U-20 berlaga di Piala Dunia U-20 2015. Nah, pengalaman itulah yang dibawa Frank Wormuth ke Timnas Indonesia U-17.

“Saya berysukur kerja sama antara Bima Sakti dan Frank Wormuth sangat baik. Tentu ini juga karena inisiasi Ketua PSSI. Ini poaitif, Frank Wormuth sangat membantu dalam persiapan tim dan mengikuti even Piala Dunia U-17 ini,” kata Indra Sjafri.

Jadwal Pertandingan Indonesia di Piala Dunia U-17 2023

Jumat, 10 November 2023
Indonesia 1-1 Ekuador
Gelora Bung Tomo
Pukul 19.00 WIB

Senin, 13 November 2023
Indonesia Vs Panama
Gelora Bung Tomo
Pukul 19.00 WIB

Kamis, 16 November 2023
Maroko Vs Indonesia
Gelora Bung Tomo
Pukul 19.00 WIB

Bolaneters bisa menyaksikan siaran langsung Piala Dunia U-17 2023 di Indosiar dan SCTV. Selain itu, laga Piala Dunia U-17 2023 juga bisa disaksikan secara live streaming di Vidio atau klik disini.

(Bola.net/Asad Arifin)

zonaliga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *