LEON288

5 Klub Paling Boros Belanja Pemain Sejak 2000, Siapa yang Raih Trofi Paling Banyak?

zonaliga.com Bursa transfer biasanya dimanfaatkan klub-klub untuk untuk membangun skuadnya. Bahkan tidak sedikit klub yang mengeluarkan dana besar untuk membeli pemain incarannya.

Bursa transfer Eropa musim panas 2023 telah ditutup beberapa pekan lalu. Beberapa transfer besar cukup banyak terjadi sepanjang periode perpindahan pemain tahun ini.

Arsenal mendatangkan Declan Rice dari West Ham seharga 116,6 juta euro. Adapun Real Madrid memboyong Jude Bellingham dari Borussia Dortmund dengan mahar 116 juta euro.

Sementara itu, Chelsea menjadi klub terboros pada bursa transfer musim panas 2023. Mereka mengeluarkan lebih dari 400 juta euro untuk membeli sejumlah pemain.

Lalu, tim manakah yang pengeluarannya paling besar di bursa transfer sejak tahun 2000? Berikut ini 10 di antaranya.

1. Chelsea

Chelsea menjadi klub yang cukup boros di bursa transfer pada era kepemilikan Roman Abramovic. Namun, The Blues ternyata masih tetap sama setelah diakuisisi Todd Boehly.

Chelsea telah mendatangkan banyak pemain mahal sejak tahun 2000. Sebut saja Enzo Fernandez, Moises Caicedo hingga Romelu Lukaku.

The Blues memiliki total pengeluaran sebesar 1,81 miliar euro sejak tahun 2000. Dari investasi itu, klub London tersebut mampu meraih 23 trofi yang meliputi lima Premier League dan dua Liga Champions.

2. Manchester City

Sejak diakuisisi Sheikh Mansour, Manchester City menjadi salah satu klub kaya raya di Eropa. Tim asuhan Josep Guardiola tersebut tercatat telah menghabiskan biaya mencapai 1,71 miliar euro di bursa transfer sejak tahun 2000.

Rekrutan termahal Manchester City adalah Jack Grealish yang didatangkan dari Aston Villa senilai 117,5 juta euro. Nama-nama lain yang juga datang dengan harga mahal adalah Josko Gvardiol, Kevin de Bruyne hingga Ruben Dias.

Dengan mengeluarkan dana besar untuk belanja pemain, jadi sangatlah wajar bila Manchester City mampu meraih banyak trofi. The Citizens telah mendapatkan 21 trofi termasuk treble winners pada musim lalu.

3. Manchester United

Manchester United termasuk begitu jor-joran di bursa transfer pemain selama beberapa tahun terakhir. Tercatat, Setan Merah mengeluarkan 1,64 miliar euro sejak tahun 2000.

Dengan belanja besar itu, Manchester United mampu memenangkan banyak gelar. Setan Merah mendapatkan 26 trofi termasuk satu Premier League dan satu Liga Champions.

Sementara pemain termahal Manchester United adalah Paul Pogba. Dia didatangkan dari Juventus pada musim panas 2016 senilai 105 juta euro.

4. PSG

Sebagai klub kaya raya, PSG termasuk paling banyak membelanjakan uangnya untuk mendatangkan pemain. Sejak tahun 2000, raksasa Prancis tersebut mengeluarkan dana sebesar 1,35 miliar euro.

Pengeluaran terbanyak PSG adalah ketika mendatangkan Neymar dari Barcelona senilai 222 juta. Mereka juga merekrut Kylian Mbappe dari AS Monaco seharga 180 juta euro.

Dengan gelontoran banyak uang, PSG mampu merengkuh 34 trofi sejak tahun 2000. Les Parisiens mendapat sembilan gelar Ligue 1.

5. Real Madrid

Real Madrid dikenal sebagai klub yang senang mendatangkan pemain dengan harga sangat mahal. Total pengeluaran mereka di bursa transfer sejak 2000 mencapai 1,01 miliar euro.

Eden Hazard menjadi pembelian termahal Los Blancos. Gelandang asal Belgia tersebut datang ke Santiago Bernabeu dengan biaya sebesar 115 juta euro.

Dengan skuat bertabur bintang Rael Madrid mampu merengkuh banyak trofi sejak tahun 2000. Mereka mendapat 36 trofi yang termasuk delapan gelar La Liga dan tujuh titel Liga Champions.

zonaliga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *