LEON288

Kalau Memang Gak Suap Wasit, Kenapa Barcelona Bayar 7,3 Juta Euro Selama 17 Tahun?

Kalau Memang Gak Suap Wasit, Kenapa Barcelona Bayar 7,3 Juta Euro Selama 17 Tahun?

Zonaliga.com – Joan Laporta akhirnya harus menghadapi penyelidikan resmi terkait kasus suap wasit yang sedang menerpa Barcelona. Hakim pengadil menilai bahwa Laporta adalah salah satu orang yang terlibat langsung.

Kasus suap Barcelona ini dimulai sejak Maret 2023. Barcelona didakwa telah membayar mantan Wakil Presiden Komite Teknis Wasit di Spanyol (CTA), Jose Maria Enriquez Negreira dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Kasus itu itu kemudian dikenal sebagai Kasus Negreira. Dijelaskan bahwa Barcelona dituding membayar 7,3 juta euro kepada Negreria dalam kurun waktu 2001 hingga 2018.

Nah pada bulan September 2023 lalu, hakim Joaquin Aguirre memutuskan bahwa Barcelona telah melakukan tindak kriminal. Laporta, Negreira, dan mantan presiden serta mantan eksekutif Barcelona lainnya ditetapkan sebagai tersangka.

Terkini, Oktober 2023, hakim pun secara resmi menempatkan Laporta dalam penyelidikan formal terkait kasus dugaan suap.

Laporta yang powerful

Kasus suap ini juga diamati oleh analis sepak bola Inggris Kaveh Solhekol. Menurutnya, keputusan hakim tersebut cukup mengejutkan. Pasalnya, Laporta merupakan salah satu sosok besar di bidang manajemen sepakbola.
“Joan Laporta adalah salah satu orang paling berkuasa di dunia sepakbola. Dia adalah presiden salah satu klub sepak bola terbesar di dunia, Barcelona,” kata Solhekol di Sky Sports.
“Dia termasuk di antara tujuh orang yang diselidiki atas pembayaran sebesar 7,3 juta euro yang dilakukan Barcelona selama periode 17 tahun, dari klub kepada mantan wasit José Maria Enriquez Negreira.”

Kalau gak suap, kenapa bayar?

Laporta memang telah membantah dakwaan tersebut. Bahkan mantan pemain seperti Xavi dan Iniesta juga membantah tudingan miring itu.

Masalahnya, bukti transfer Barca kepada Negreira nyata dan sudah ditemukan. Jadi untuk apa mereka membayar wasit selama periode 17 tahun?

“Negrerira bukan sembarang wasit, dia adalah wasit senior, dan dia juga jadi wakil komite wasit spanyol untuk periode yang panjang,” sambung Solhekol.

“Nah komite wasit itulah yang mengalokasikan wasit untuk setiap pertandingan di Spanyol. Jadi dia sosok wasit yang berkuasa, figur senior.”

“Pertanyaannya, kenapa Barcelona membayar dia sebesar 7,3 juga euro selama 17 tahun?” tutupnya.

Zonaliga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *