LEON288

Penentuan Gelar Juara Liga Spanyol Akan Berada di Derby Catalan

Zonaliga.com – Dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid memiliki hasil berbeda di Jornada ke-33 pada Rabu (3/5/2023). Hasil tersebut membuat penentuan gelar juara Liga Spanyol akan berada di Derby Catalan antara Barcelona melawan Espanyol pekan depan.

Barcelona yang melawan Osasuna, sukses mengunci tiga poin setelah gol tunggal Jordi Alba lima menit jelang laga usai. Kemenangan itu membuat Blaugrana unggul 14 poin di atas Real Madrid.

Sementara sang rival, justru kalah di tangan Real Sociedad dengan skor 2-0. Kekalahan ini membuat Barcelona bisa merayakan gelar juara Liga Spanyol pekan depan di Catalunya.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez menilai kemenangan lawan Osasuna sebagai langkah besar menuju gelar juara. “Ini langkah yang sangat penting. La Liga hampir dimenangkan!,” ujar Xavi dikutip dari Football Espana.

Main Pas-pasan

Seperti biasa, Barcelona mampu menang dengan penampilan yang pas-pasan. Xavi bahkan menilai penyelesaian akhir Barcelona sangat buruk di laga melawan Osasuna.

Di laga tersebut Barcelona tampil dominan dengan 76 persen penguasaan bola dan menciptakan total 21 peluang. Namun dari 21 tembakan yang dilepaskan Robert Lewandowski dkk, hanya ada empat yang mengarah ke gawang Osasuna.

“Saya pikir kami terlalu banyak menderita. Kami telah melewatkan peluang yang sangat jelas. Mereka bertahan dengan baik, tetapi pada akhirnya gol Jordi telah tiba,” terang Xavi.

Poin Penting

Meskipun menang dengan banyak kekurangan, Xavi mengaku bangga dengan hasil yang didapatkan. Terlebih mereka membutuhkan banyak poin demi mengakhiri kompetisi lebih cepat.

Kemenangan dalam dua laga terakhir menjadi batu loncatan terbaik bagi skuad Barcelona. Terlebih mereka dibantu dengan kekalahan Real Madrid di markas Real Sociedad sesaat setelah kemenangan tipis Blaugrana.

“Enam poin ini (Real Betis dan Osasuna) sangat penting bagi kami setelah kekalahan di Vallecas (kandang Rayo Vallecano). Sekarang kami menunggu apa yang terjadi di San Sebastian (hasil Real Madrid). Keenam poin ini adalah langkah besar,” terang Xavi.

Real Madrid Putar Balik

Setelah kekalahan Real Madrid di tangan Real Sociedad membuat penentuan gelar juara Liga Spanyol berada di tangan Barcelona sepenuhnya. Melihat fakta tersebut, Carlo Ancelotti ingin timnya putar balik dan fokus pada kompetisi tersisa.

Saat ini Real Madrid masih berpeluang besar mengakhiri musim dengan gelar juara. Pasalnya El Real juga masih bertahan di semifinal Liga Champions melawan Man City dan final Copa Del Rey menghadapi Osasuna.

“Sekarang datang momen yang sangat penting bagi kami. Kita harus siap. Jika kami menghindari kesalahan yang kami kebobolan belakangan ini, kami akan meningkat di dua pertandingan berikutnya (lawan Osasuna dan Man City),” tegas Ancelotti.

Bagi Real Madrid, kemenangan menjadi harga mati dalam dua laga selanjutnya. Andai Real Madrid kembali kalah, maka mereka berpotensi kehilangan seluruh gelar juara di musim ini.

Klasemen Liga Spanyol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *