LEON288

Penyebab Manchester City Gagal Datangkan Declan Rice

zonaliga.com Manchester City kalah dari Arsenal saat berburu tanda tangan Declan Rice. Selang beberapa saat kemudian, manajer Josep Guardiola membeberkan penyebabnya.

Penampilan Rice yang luar biasa saat membela West Ham membuat Man City dan Arsenal kepincut mendatangkannya. Kedua tim perang harga untuk bisa memboyongnya.

Arsenal pada akhirnya keluar sebagai pemenang. Gelandang berusia 24 tahun itu jadi penggawa The Gunners usai ditebus dengan mahar 116 juta Euro.

Kekalahan Man City dalam perburuan ini terbilang mengejutkan. Pasalnya, Man City lebih bergelimang gelar dan secara finansial pun lebih baik daripada Arsenal.

Lantas, apa yang membuat Rice gagal didatangkan Man City ke Etihad Stadium?

Pengaruh Manajer

Kemenangan Arsenal mendapatkan Rice tidak lepas dari keputusan pemain itu sendiri. Rice merasa lebih cocok jika bergabung dengan Arsenal karena Mikel Arteta sanggup meyakinkannya.

“Semua orang tahu betapa kami menginginkannya [Rice]. Kami bisa memainkannya ketika Rodri tidak bisa bermain,” terang Guardiola dikutip dari 90min.

“Tapi akhirnya, Arsenal yang berani menawar lebih karena sangat menginginkannya. Mikel Arteta atau bahkan klub itu sendiri tampaknya jauh lebih bisa meyakinkannya,” lanjutnya.

Bukan Prioritas Utama Man City

Selain keputusan personal, Man City juga gagal mengimbangi tawaran Arsenal gara-gara Rice saat itu bukan prioritas. Prioritas Man City adalah mendatangkan Josko Gvardiol.

“Tawaran mereka [Arsenal] tidak bisa kami samai karena kami memiliki prioritas lain, yaitu Josko Gvardiol. Jadi kami tidak bisa membayar sebanyak itu,” ujar Guardiola.

Gvardiol sendiri didatangkan dari RB Leipzig dengan mahar 90 juta Euro. Dengan dana sebanyak itu, Man City tidak bisa menaikkan tawaran untuk Rice lebih dari 100 juta Euro.

Datangkan Gelandang Lain

Kegagalan mendatangkan Rice memaksa Man City mencari alternatif lain. Dua gelandang baru akhirnya didatangkan di musim panas 2023 lalu.

Mateo Kovacic (Chelsea) dan Matheus Nunes (Wolverhampton) dipilih untuk menjaga komposisi lini tengah Man City.

Sumber: zonaliga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *