LEON288

Rapor Pemain Barcelona Usai Dipermalukan Shakhtar Donetsk: Lewandowski Lambat, Gavi Gak Kelihatan!

zonaliga.com Barcelona harus gigit jari setelah dikalahkan Shakhtar Donetsk dalam duel matchday 4 Grup H Liga Champions 2023/2024, Rabu (8/11/2023). Blaugrana kalah tipis dengan skor 0-1.

Bertandang ke Volksparkstadion, pertandingan ini berjalan tidak sesuai harapan Barca. Pendekatan taktik Shakhtar tepat membuat repot skuad Xavi. Blaugrana memang lebih banyak membawa bola, tapi serangan-serangan Shakhtar lebih efektif.

Kali ini gol tunggal kemenangan Shakhtar datang dari aksi Danylo Sikan di ujung babak pertama (40′). Barca mendapatkan sejumlah peluang, tapi terlalu banyak yang melenceng.

Kemenangan ini krusial bagi Shakhtar untuk menjaga asa lolos dari Grup F Liga Champions 2023/2024, sementara Barca harus menunggu pertandingan berikutnya untuk mengamankan slot 16 besar.

Performa pemain-pemain Barca di laga ini memang cukup mengecewakan. Sebagian besar main buruk. Yuk cek rapor pemain Barca usai dibekuk Shakhtar dini hari WIB tadi, Bolaneters!

Kiper dan belakang

Marc-Andre ter Stegen – 6

Selain kebobolan di menit ke-40, Ter Stegen sebenarnya bermain cukup bagus. Dia bisa menghentikan tembakan-tembakan Shakhtar, meski jelas bahwa Barca lebih banyak menyerang di laga ini.

Joao Cancelo – 6,5

Cancelo jadi pemain dengan etos kerja paling tinggi di lapangan. Dia terus bergerak dan mencoba terlibat sesering mungkin, termasuk dalam kreasi serangan. Sayangnya, final pass Cancelo belum cukup bagus.

Ronald Araujo – 6

Di laga ini, terlihat bahwa Araujo lebih sibuk dari pertandingan lainnya. Dia harus terus bergerak untuk menutup area lapangan semaksimal mungkin. Serangan balik cepat Shakhtar memang merepotkan, tapi Araujo bisa mengatasinya di sebagian besar kesempatan.

Andreas Christensen – 5

Christensen kalah duel dari lawan yang berujung pada gol pertama. Dia terlihat panik di lapangan, duel-duel fisik yang coba dia lakukan terbilang buruk. Setiap kali Shakhtar meluncurkan serangan balik, Christensen tampak kerepotan.

Marcos Alonso – 5

Alonso mungkin bermaksud ingin membantu lini serang dengan terus-menerus melakukan overlap. Namun, jelas bahwa pergerakannya semakin lambat karena faktor usia. Kebugaran Alonso tidak sebagus beberapa tahun lalu.

Tengah

Oriol Romeu – 5

Oriol Romeu memainkan peran gelandang bertahan dengan baik. Dia bertahan dengan solid dan bisa melindungi barisan bek. Masalahnya, Romeu tampak kagok setiap kali membawa bola. Dia terlalu pasif ketika Barca coba membangun serangan.

Ilkay Gundogan – 6

Gundogan lagi-lagi tampak bekerja ekstra keras di laga ini. Terlihat bahwa dia adalah salah satu pemain Barca di lapangan yang terus mencoba menciptakan sesuatu, tapi kali ini kerja keras itu tidak terbayar.

Gavi – 4,5

Tidak seprti biasanya, Gavi hampir tidak terlihat di pertandingan ini. Lini tengah Shakhtar bisa mengunci pergerakannya dengan sangat baik. Bahkan tidak terlihat kerja keras Gavi seperti biasanya.

Depan

Raphinha – 4,5

Kedua winger Barca benar-benar buruk di laga ini, termasuk Raphinha. Memang terlihat dia terus mencoba menyerang, tapi sentuhannya buruk, larinya mudah ditebak, dan sepakannya sering tidak akurat.

Ferran Torres – 4,5

Bukan hanya Raphinha, Ferran Torres juga mengecewakan di pertandingan ini. Dia bahkan jarang menerima bola karena berdiri terlalu jauh di sisi lapangan. Torres mungkin perlu meningkatkan kemampuannya membaca arah pertandingan.

Robert Lewandowski – 5

Baru pulih dari cedera, jadi mungkin performa buruk Lewandowski bisa diampuni. Pergerakannya sangat lambat, terlalu mudah dibaca lawan. Lewandowski juga sering kalah dalam duel-duel dengan bek lawan.

Pemain pengganti

Pedri – 5

Begitu masuk ke lapangan, Pedri dipercaya jadi kreator serangan Barca. Dia banyak membawa bola, tapi tampak kesulitan membongkar pertahanan rendah Shakhtar.

Joao Felix – 5

Masuknnya Felix meningkatkan kewaspadaan petahanan Shakhtar. Sayangnya dia tidak bisa berbuat banyak karena selalu dikepung minimal dua pemain setiap kali membawa bola.

Lamine Yamal – 6

Kemampuan dribel Lamine Yamal benar-benar membuat bek lawan kerepotan. Meski hanya bermain sekitar 30 menit di lapangan, dia membuat permainan Barca jadi lebih hidup.

Alejandro Balde – 5

Masuknya Balde sangat penting untuk mengamankan pertahanan Barca. Dia bisa mundur dengan cepat setiap kali Barca coba membangun serangan dan kehilangan bola.

Fermin Lopez – ?

Menit bermain terlalu sedikit, tidak bisa mendapatkan penilaian objektif.

Susunan pemain

SHAKHTAR DONETSK (4-1-4-1): Dmytro Riznyk; Mykola Matvienko, Yaroslav Rakitskyi, Valeriy Bondar, Giorgi Gocholeishvili; Taras Stepanenko (73′ Ehor Nazaryna); Newerton, Heorhii Sudakov, Dmytro Kryskiv, Oleksandr Zubkov; Danylo Sikan (62′ Kelvin Kelsy).

Pelatih: Marino Pusic

BARCELONA (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Joao Cancelo, Ronald Araujo, Andreas Christensen, Marcos Alonso (60′ Alejandro Balde); Ilkay Gundogan, Oriel Romeu (59′ Pedri), Gavi (81′ Fermin Lopez); Raphinha (59′ Lamine Yamal), Robert Lewandowski, Ferran Torres (59′ Joao Felix).

Pelatih: Xavi

zonaliga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *