LEON288

Sistem Baru Piala Dunia Bakal Untungkan Timnas Indonesia dan Tim Asia Tenggara, Kok Bisa?

Sistem Baru Piala Dunia Bakal Untungkan Timnas Indonesia dan Tim Asia Tenggara, Kok Bisa?

Zonaliga.com – Bek Timnas Indonesia Jordi Amat mengomentari perubahan sistem di Piala Dunia yang akan dimulai pada Piala Dunia 2026. Ia yakin perubahan sistem ini akan membantu negara-negara Asia Selatan memenangkan Piala Dunia.

Pada Piala Dunia terakhir, FIFA telah menetapkan batasan jumlah peserta Piala Dunia. Hanya 32 negara dari enam konfederasi yang bisa mengikuti turnamen empat tahunan ini.

Namun, mulai tahun 2026, jumlah tim yang lolos akan berubah. FIFA telah mengalokasikan 48 tempat untuk kandidat Piala Dunia 2026.

Konfederasi Sepak Bola Asia, AFC mendapat peningkatan posisinya. Jika di Piala Dunia 2022 ada 6 tim yang mewakili AFC, maka di Piala Dunia 2026 ada 6 tim yang mewakili AFC.

Simak komentar Amat seputar situasi tersebut di bawah ini.

Bakal Semakin Banyak

Baru-baru ini diwawancarai FIFA, Amat mengaku senang dengan bertambahnya jumlah peserta Piala Dunia kali ini.

Ia meyakini penambahan venue akan memberikan potensi lebih besar bagi negara-negara Asia Tenggara, khususnya Indonesia, untuk tampil di pentas Piala Dunia.

“Sepak bola Asia Tenggara memiliki potensi yang sangat besar dan saya yakin kawasan ini akan mengalami pertumbuhan yang signifikan di tahun-tahun mendatang. Meningkatnya jumlah tim peserta Piala Dunia menjadi 48 tim akan menjadi kabar baik bagi sepak bola Asia Tenggara,” kata Amat.

Asia Bakal Semakin Mengerikan

Lebih lanjut, Jordi Amat juga menilai negara-negara Eropa dan Amerika Latin harus memperhatikan perkembangan sepak bola Asia.

Ia yakin tim-tim Asia akan segera menjadi kekuatan tangguh di Piala Dunia.

“Saya pikir dalam 15 tahun ke depan, kita akan melihat lebih banyak tim Asia berkompetisi di Piala Dunia. Kita melihat kesuksesan Jepang dan Korea Selatan lalu bagaimana Arab Saudi mengalahkan Argentina [di Piala Dunia Qatar 2022],” tambahnya.

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Di jeda internasional kali ini, AFC mulai menggulirkan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia akan mengawali babak kualifikasi ini dengan menghadapi Brunei Darussalam.

(FIFA)

Zonaliga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *