LEON288

Sofyan Amrabat Ada di Mana-mana: Gelandang yang Jadi Bek Kiri dan Tidak Masalah Jadi Kiper

zonaliga.com Sofyan Amrabat hanya membutuhkan waktu 61 menit untuk menegaskan identitas sepak bolanya di hadapan penonton Manchester United. Dia adalah pemain yang ada dimana-mana.

Lihat saja laga putaran ketiga Piala Carabao 2023, saat Man United menang 3-0 melawan Crystal Palace di Old Trafford, Rabu (27/9/2023) WIB.

Amrabat yang semula berposisi gelandang, justru diturunkan sebagai bek kiri. Perubahan posisi ini tak lantas membuat permainan menjadi kaku. Di sisi lain, Amrabat terlihat sangat serba bisa saat bermain di sana. Layaknya bek kiri modern, pemain berusia 27 tahun ini bisa berada di mana saja!

Kok Bisa?

Steve Bruce awalnya meragukan performa Amrabat jika dipasang di luar posisi naturalnya. Keraguan itu terbantahkan seiring pertandingan berjalan.

“Saya sempat bertanya-tanya, apakah bermain sebagai bek kiri membuatnya merasa tidak nyaman?” katanya di program Sky Sports.

Tidak hanya terkesan, Bruce sampai terkejut dengan penampilan yang bisa disajikan Amrabat. “Saya pikir dia bermain di mana saja, walaupun dia bek kiri,” katanya kagum.

Heat Map Amrabat

Jika melihat dari heat map Amrabat di laga ini, Amrabat memang tidak berperan seperti bek sayap konvensional. Dia tidak hanya bertugas menyisir sayap.

Pergerakannya lebih banyak masuk ke tengah. Tujuannya supaya lebih leluasa mengatur tempo permainan. Saat ditarik keluar, Amrabat jadi pemain dengan jumlah operan tersukses terbanyak (78/81).

Selain itu, anggapan “ada di mana-mana” memang tampak di heat-map nya. Ia tidak segan merebut bola di berbagai area lapangan.

Statistiknya ketika bertahan pun bisa dibilang mengesankan. Amrabat hanya sekali kalah duel dari enam percobaan duel melawan pemain Palace!

Jadi Kiper Pun Tidak Masalah

Amrabat kemudian disinggung soal perannya di laga ini. Dia berkelakar bahwa dirinya tidak masalah untuk bermain di mana saja di luar posisi aslinya.

“Saya akan bermain di mana saja untuk membantu tim ini, bahkan kiper sekalipun! Saya bermain demi lambang di dada,” kata Amrabat.

Ini jadi laga kedua Amrabat bersama Man United. Sebelumnya, dia sudah bermain sebagai pengganti saat Man United menghadapi Burnley.

Sumber: zonaliga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *