LEON288

Thiago Silva Percaya Diri Layak Jadi Manajer

zonaliga.com Karier profesional Thiago Silva sebentar lagi berakhir. Setelah pensiun nanti, dia berencana untuk menapaki dunia manajerial sebagai juru taktik.

Silva saat ini masih aktif bermain di jantung pertahanan Chelsea. Pemain berusia 39 tahun ini nyaris tidak tergantikan dari skuad utama.

Kebersamaannya dengan Chelsea sebentar lagi segera berakhir. Pasalnya, kontrak Silva akan berakhir begitu musim 2023/2024 tuntas.

Sejauh ini belum ada rencananya untuk melanjutkan kariernya di manapun. Chelsea pun belum ada ancang-ancang memperpanjang kontrak bek veteran ini.

Bahas Masa Depan

Silva lantas membahas perihal masa depannya. Dia masih berkenan untuk melanjutkan kariernya di dunia sepak bola dengan jadi manajer atau juru taktik suatu hari nanti.

Keinginan muncul karena Silva sudah punya modal selama jadi pemain. Menurutnya, menjadi bek tengah memudahkannya untuk terbiasa mengamati pertandingan.

“Di lapangan, saya sudah seperti manajer, kan? Saya selalu memerhatikan pertandingan dari belakang. Saya melihat banyak sekali situasi,” katanya kepada The Guardian.

Terbiasa Beri Masukan Taktikal

Pemain asal Brasil ini mengakui bahwa tidak jarang dia memberikan masukan taktikal kepada manajer. Karena para pemain biasanya lebih paham bagian mana yang salah.

“Saya biasanya berbicara kepada staf pelatih, ke Pochettino juga. Tujuannya supaya kami tidak melakukan kesalahan,” ungkapnya.

“Kadang-kadang, hanya kami di lapangan yang menyadari mana yang salah dan apa yang harus diperbaiki. Mereka yang di luar lapangan juga punya persepsi yang sama baiknya dengan kami,” tutur dia.

Jalan Panjang

Silva dipastikan harus melalui jalan yang panjang sebelum benar-benar bisa menjadi manajer.

Ada berbagai lisensi dan pengalaman melatih yang harus ditempuhnya, sebelum benar-benar bisa melatih klub besar di liga top Eropa.

Sumber: The Guardian

zonaliga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *